Rabu, 21 Januari 2009

Berbagi Pengalaman Seputar Membuat Blog

Tulisan ini mungkin lebih tepat untuk new blogger yang merasa gaptek. Tetapi bagi para blogger yang sudah canggih dan mempunyai jam terbang tinggi diharapkan dapat berbagi pengalaman dan melengkapi tulisan ini serta memberi saran. Bagi new blogger yang merasa gaptek, jangan khawatir, jangan kecil hati dan jangan mundur. Saya akan berbagi sedikit pengalaman dengan anda.

Saya tahu internet sudah sejak 10 tahun yang lalu (± tahun 1998). Tetapi saya baru mau kenalan dengan yang namanya internet sekitar April 2008. "Kemane aje Neng...?" Begitu kata orang Betawi. Kalau mau dikatakan rugi ya rugi, waktu sekian lama tidak saya manfaatkan untuk kenalan dengan internet. Kalau kenal dari dulu, barangkali saya bisa jadi gurunya Joko Susilo (hahaha, guyonan Pak Joko biar ndak sepi...). Kalau mau dikatakan untung ya untung, "Untung sekarang sudah sempat kenalan..." Pakai prinsip orang Jawa yang selalu UNTUNG.

Setelah kenal internet, terpaksa buat email address lantaran DIHARUSKAN PUNYA untuk memudahkan komunikasi dengan para orang tua di sekolah anak-anak. Disamping itu kuping sudah panas lantaran dibilang gaptek terus-terusan. Punya email cuma dipakai untuk kirim surat ke sahabat, keluarga dan lihat pengumuman dari YahooGroup Kumpulan Ortu kelas anak saya. Lama-lama mulai berani browsing setelah ngintip-ngintip apa sih yang dikerjakan anak-anak di depan internet? Singkatnya saya akhirnya kecantol sama Formula Bisnis (SMUO).

Lebih kurang 2,5 bulan saya baru mengenal dunia blogging. Dari semula tidak tahu apa-apa tentang dunia internet, apalagi sampai berbisnis online. Sampai dalam tahapan blog saya yang seperti ini dalam waktu 2,5 bulan menurut saya termasuk lambat. Walau demikian tetap harus saya syukuri. Yang pasti saya harus terus berusaha keras dengan kemampuan yang ada untuk meningkatkan kualitas pengetahuan seputar dunia blogging. Apalagi kalau blog-nya ingin bisa mendatangkan income.

Masalah yang saya ditemui begini :

  1. Saking pengennya cepet punya blog, saya memulai blogging dengan 3 langkah mudah yang dipandu dari http://www.blogger.com/ alhasil jadilah dengan template yang sederhana.
  2. Mau membuat judul blog saja mikirnya kelamaan dan jadinya asal-asalan, namanya kepanjangan.
  3. Kalau bingung, tanya kesana kemari dan coba klik segala menu. Kadang berhasil kadang gagal.
  4. Lihat blog lain banyak "pajangannya" lantas jadi kepengen seperti itu.
    Tapi pasang banner pun tak bisa. Mengerti HTML-pun tidak.
  5. Terinspirasi dengan artikel Joko Susilo memoles tampilan blog, saya mencoba mengubah tampilan blog agar nampak lebih menarik. Coba-coba ganti template 3 kolom hasilnya malah kacau balau, setting blog saya berantakan.

Nah dari pengalaman saya yang SUPER GAPTEK tadi, Anda yang benar-benar pemula tak perlu takut untuk membuat blog sendiri. Dan saya sedikit berbagi tips dari pengalaman bertemu masalah membuat blog :

  1. Memilih nama Blog. Pilih nama blog yang mudah tetapi mengena. Memang gampang-gampang susah. Tapi jangan mikir terlalu lama, nanti blog-nya tidak jadi-jadi. Nama blog bisa menggunakan nama kita sendiri seperti,
    Joko Susilo.com
    Arief Maulana.com
    Agung Jatnika.com
    Mas Hengky.com dll. Berdasarkan keahlian/profesi dan hobby kita, misal tentang musik, komputer, pulsa, sebagai contoh,
    Bisnis Guru.co.nr
    Kios Pulsa.com dll. Bisa juga nama yang mengundang pembacanya penasaran misal,
    Nafas Islami.com
    In House Business.com
    JMW01.blogspot.com
  2. Memilih template. Ingin 3 kolom atau 2 kolom. Putuskan dulu, tetapi jika telah diputuskan kemudian belakangan kita ingin ganti template, hati-hati mengerjakannya. Selain dibuat backup HTML template seperti yang diajarkan Kang Rohman dalam Kolom Tutorial Blog, ada juga bocoran trik dari mas Arief Maulana. Yaitu buat back up blog atau blog bayangan dengan setting seperti blog kita sebelum diutak-atik (jadi termasuk back up HTML "fitur atau widget" blog). Sehingga jika pada waktu kita merubah setting blog ternyata terjadi kekacauan, anda tidak perlu lagi mencari-cari kode HTML yang menghiasi blog anda.
  3. Memasang banner, chat box, statistik dll menggunakan kode HTML. Kode HTML banner biasanya banyak disedialan oleh pemilik produk, misal; Iklan 100 Level, Blog Bisnis Internet, Formula Bisnis, dll. Untuk fitur Shout Mix, Chat Box ataupun Statitik tinggal klik dari blog yg sudah ada fasilitas tsb. Kode HTML biasanya bisa di COPAS (copy lalu paste). Tetapi kalau tidak bisa di-COPAS ya mau tidak mau harus diketik sendiri. Hati-hati ngetiknya, ada yg kurang 1 character saja bisa tidak muncul gambarnya.
  4. Tidak malu bertanya. Malu bertanya sesat di setting blog. Bertanya bisa langsung ke pemilik blog melalui blog-nya, atau kalau sudah kenal cukup dekat bisa melalui email dan sms. Dari blogwalking atau search di google tentang masalah yang ingin kita ketahui juga bisa membantu memecahkan masalah yang kita hadapi.

Niat saya untuk segera melahirkan blog baru sementara saya urungkan. Saya masih perlu dan harus banyak belajar baik dari Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO), Blog Bisnis Internet (BBI), serta mengambil pelajaran dari pengalaman pertama nge-blog agar tidak sesal kemudian.
Berbekal ilmu dari SMUO, BBI dan info dari blog-blog lain (baik yang sudah TOP maupun blog baru) dan diterapkan sedikit demi sedikit, baru sampai disinilah perjalanan blog saya. Saya optimis hari-hari ke depan akan semakin baik.

Nah, apalagi kalau anda sudah punya sedikit saja keahlian dan pengetahuan tentang blog, seharusnya blog anda sudah lebih baik dan lebih jauh langkahnya. Jadi mengapa harus takut memulai blogging?


17 komentar:

Anonim mengatakan...

Malam Bu Yanti,

Lama bu saya ngga mampir nih...biasa lagi sibuk di dunia offline he..he..

Apa yang Bu Yanti tuliskan sangat membantu buat blogger pemula seperti saya..

Kalo ada waktu silakan berkunjung ke blog saya ya Bu...

Salam Sukses,

Handoko Tantra

BLOG PROGRAM AFILIASI
http://www.afiliasi-kita.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Wah... lama ngga muncul di blogsphere... tau2 datang membawa artikel yg agak berbobot neeh mbak. Hehehe...

Yanti Suud mengatakan...

@Handoko Tantra; Semoga artikel ini membantu dan anda tidak membuat kesalahan yang sama seperti saya. Tapi jangan takut salah, karena kadang belajar dari kesalahan itu yang membuat kita jadi pandai.

@Arief Maulana; Ini gak ada apa-apanya dibanding artikel mas Arief, apalagi bobot mas Arief (hahaha, guyon Mas...)

Unknown mengatakan...

keren nih bu.. makin berbobot aja.. link nya ke blogger saya aja ya hahaha

Umar Puja Kesuma, S.Pd. mengatakan...

Pertama, thanks Bu Yanti atas tracback untuk BISNIS GURU.

Artikel sharenya oke punya nih. Btw, Bu Yanti sudah hebat banget di usia yang mateng ini masih nyempatkan diri berbloging ria.
Dengan keikhlasan dan semangat mau terus belajar, insya Allah belenggu ketidaktahuan akan terpatahkan dengan sendirinya.

Btw, sudah sukses melahirkan ya Bu! selamat deh, pasti tambah ramai nih keluarganya.

Salam Istimewa!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Yanti Suud mengatakan...

@Mas Hengky; kalo link ke blogger anda kudu saya tambahin lagi dunk, kategori wisata atau yang bikin orang penasaran. Tapi demi teman baik sesama blogger I'll do it for you lah...(theme song Robin Hood pake slank Singapore...hehehe)

@Mas Umar; Belum apa-apa Mas, masih juauuhh... ketinggalan apalagi sama yang muda-muda seperti anda yg sudah jelas bukan tandingan saya. Tapi kalo pembandingnya sesama housewife yg baru memulai bisnis online boleh lah...(biar saya sedikit semangat).
Rencana melahirkan gagal Mas, saya aborsi dulu, hehehe! Kan tinggal bikin lagi kalo udah sempat. Sesuai saran para blogger hebat, Yaro Starrack, Joko Susilo dan David Odang. Sukses 1 blog dulu baru lahir blog baru kemudian. Saya harus sabar berjuang dulu.
Anyway...thanks for your support.

JMW mengatakan...

Datang, duduk & baca2..
Semangat terus dalam berkarya.. tidak ada kata terlambat untuk belajar..
Thx atas supportnya mbak..
Sukses selalu menyertai Anda

Anonim mengatakan...

Selamat Mbak, lama gak kunjung baru tahu kalau alamat blognya berubah. Semoga tambah sukses dan maju terus dalam bisnisnya.

Yanti Suud mengatakan...

@JMW; makasih ya...

@Sumartono; alamat blognya gak berubah Mas...cuma diperpendek agar lebih mudah. Yang dulu kepanjangan...

Anonim mengatakan...

maaf baru mampir bu yanti...and thx atas linknya...btw, sharing artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk para newbie yang masih kebingungan membuat blog...
Nice article....
Salam...

AGunawaniKA.com

Anonim mengatakan...

Halo Bu Yanti,
makasih atas link back-nya ke blog saya. Makin kreatif aja nih...semoga bisnis online-nya tambah sukses yach...

Anonim mengatakan...

Kabar saya baik bu? gimana, sudah beres masalah virus komputernya?
Aduh bangga-nya punya ibu yang "melek" teknologi..

Yanti Suud mengatakan...

@Agung Jatnika; betul Mas, semoga bermanfaat buat newbie, biar ga kesasar seperti saya.

@Linggawati; semoga sama-sama sukses Mbak Lingga...

@Wawan Purnama; Alhamdulillah badai virus telah berlalu. Kudu melek Mas, biar ga dikadalin anak-anak, hehehe.

Anonim mengatakan...

Betul Bu Yanti. Saya sepakat dengan kata-kata anda. "mengapa harus takut memulai blogging?"
Sama sekali tak ada alasan untuk takut mulai blogging. Blogging justru memperlengkap kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Salam ACTION!

Anonim mengatakan...

Matur suwun Pak Joko atas support anda terhadap perkembangan bisnis online saya.
Biarpun saya hanya sanggup melangkah action perlahan-lahan...
Yang penting tetap ACTION and selalu ACTION kan Pak...??

donita mengatakan...

Salam kenal mb. Yanti
wah...blog mb Yanti bagus, aku maunya ya kayak gitu, tapi bingung ngisi kata-katanya, oh ya aku ibu rumah tangga umurku 44 th tp gaptek, aku mau coba bikin blog kayak punya mb Yanti,
makasih ya mb. atas perkenlannya.

Yanti Suud mengatakan...

Salam kenal kembali mb.Donita, kita hampir sebaya, lahirnya duluan mbak sedikit. Saya juga awalnya gaptek. Sampai sekarang pun masih tergolong gaptek. Yuk kita sama-sama belajar, pasti bisa.