Minggu, 16 November 2008

FILOSOFI RAJAWALI : Sedikit Tips yang Dapat Membuat Anda Menjadi Besar


Burung Rajawali dikenal sebagai burung yang sangat kuat, memiliki pandangan yang tajam, tidak mudah menyerah dan memiliki kekuatan terbang yang semakin tinggi jika datang badai yang besar. Tetapi untuk menjadi seekor rajawali yang kuat, ia harus melaluinya dengan didikan yang sangat keras.
Pada mulanya ia mengalami masa-masa yang sangat menyenangkan ketika masih terbungkus dalam kulit telur. Ia merasa aman nyaman dan hangat dalam lindungan induknya. Tetapi ketika ia tumbuh dewasa, sang induk sengaja menghancurkan sarangnya sehingga banyak duri yang menyakiti si rajawali muda. Ia harus keluar dari sarang itu dan terbang! Induk rajawali itu harus memaksanya terbang meluncur di tebing yang curam agar ia belajar berusaha mengepakkan sayap dan terbang. Terjalnya tebing batu mungkin menyakitkan, tetapi itulah satu-satunya cara agar ia tumbuh menjadi rajawali yang kuat menghadapi kerasnya kehidupan.

Dalam mendidik anak-anak kadangkala kita menjumpai suatu saat semangat belajar mereka menurun, bahkan mogok. Apa yang harus kita lakukan? Jika kita tipe orang tua yang tidak tega, maka kita akan bertolenransi kepada mereka, menuruti mereka menghentikan kegiatan belajarnya yang sebenarnya justru penting dan bermanfaat.
Mari kita kembali ke filosofi Rajawali di atas. Coba kita bayangkan jika induk rajawali tidak memaksa anak rajawali kecil untuk terbang meluncur ke tebing yang curam merasakan sakitnya tebing batu dan duri yang menyakitkan agar ia belajar berusaha mengepakkan sayap dan terbang, mungkin rajawali tidak akan penah menjadi burung yang kuat, tidak mudah menyerah dan memiliki kekuatan terbang yang justru semakin tinggi saat badai datang. Walau kita bisa katakan itu sudah Sunnatullah (Kehendak Ilahi) tapi Induk Rajawali akan selalu melakukan hal sama bagi rajawali-rajawali kecilnya.
Kita tidak pernah tahu kehidupan seperti apa yang kelak akan dihadapi oleh anak-anak kita saat mereka dewasa. Sebagai orang tua kita dapat menerapkan filosofi induk rajawali dengan menghancurkan SARANG KENYAMANAN, memaksa mereka meluncur ke tebing yang curam. Memang menyakitkan. Namun itulah salah satu cara agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat yang mampu bertahan bahkan terus maju saat menghadapi tantanga kehidupan yang akan mereka hadapi kelak.
Kewajiban kita sebagai orang tua adalah mendampingi, mengasihi, mensupport dan terus memotivasi anak-anak kita untuk berani menghadapi masalah bukan dengan membiarkan mereka MENYERAH dan BERHENTI. Mari kita fokus pada hasil akhir agar memliki karakter disiplin, ulet dan bertanggung jawab.
(Dikutip dari Diary Kumon Seulawah ed.Nov.08 dengan sedikit editing agar lebih mudah dipahami)

Membaca kutipan tersebut banyak hal yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kualitas peran kita dalam kehidupan sehari-hari. Saya membaca artikel tersebut saat saya baru memulai ingin belajar BISNIS ONLINE dan sangat memotivasi saya untuk terus belajar. Saya cuma bisa buat e-mail sederhana, mengirim e-mail dan sekedar surfing, browsing di Yahoo dan Google.

Ibarat Anak Rajawali, saya benar-benar merasa dihancurkan dari ZONE KENYAMANAN saya, untuk terus belajar walau harus jatuh bangun, berani malu untuk bertanya agar pengetahuan saya di dunia internet terus meningkatkan walau dengan tertatih-tatih dan berani punya mimpi menjadi Internet Marketing (MUDAH-MUDAHAN TIDAK KETINGGALAN KERETA).


Semoga Bermanfaat.....



8 komentar:

Anonim mengatakan...

salam sukses buat anda mbak...
Ada kata pepatah : jadilah Wanita yang KUAT lembut....bukan LEMAH lembut...
Nice try Post.

Anonim mengatakan...

salam kenal dan salam sukses mbak...
Semangat terus mbak, mari kita sama2 raik kesuksesan di dunia internet ini....

www.motivasibisnis.cjb.net

Dahniar mengatakan...

salam kenal mba, saya ibu rumah tangga baru belajar internet juga, semoga kita bisa saling support mba ya

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga mba Dahniar..trims sudah mampir di sini. Senang sekali saya dapat teman sesama ibu rumah tangga, selain anak-anak muda yang canggih-canggih itu. Ayo mba, terusin proyek blog-nya. Semoga kita maju terus...

Anonim mengatakan...

Salam kenal dan dan salam sukses. Pepatahnya bagus sekali mba...

www.mybisnisnet.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Trimakasih ya mbak...aku akan belajar tega menjadi induk rajawali...membimbing anak2 sekuat dan setangguh rajawali...tuk menyongsong masa depan yang gemilang...Amien...

Anonim mengatakan...

Trims buat "Anonim" dan mbak Hairani. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda-anda dan saya pribadi dalam menjalani kehidupan.

Anonim mengatakan...

Salam sukses
Saya perlu banyak belajar dari mbak
Saya butuh kritik dan sarannya di blog saya
di tunggu mbak ya