Selasa, 07 April 2009

Fokus Yukk...!!

Menjalani hidup yang beberapa tahun lagi mencapai separuh abad, banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang saya alami dan juga saya petik dari orang lain. Saya ingin membahas satu aspek yang saya anggap cukup penting.
Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang pentingnya unsur fokus sebagai salah satu kunci sukses keberhasilan. Saya coba bagi unsur fokus dalam kaitannya dengan beberapa kegiatan yang biasa kita lakukan., yaitu dalam bidang pekerjaan dan bisnis, pendidikan anak dan dalam beribadah.


1. Fokus dalam Pekerjaan dan Bisnis.

Sangatlah penting menanamkan unsur fokus dalam aktivitas pekerjaan anda. Pekerjaan apapun yang anda geluti, apakah sebagai karyawan yang digaji bulanan, sebagai tenaga marketing yang dibayar sesuai pencapaian hasil kerja, sebagai wiraswasta atau pemilik usaha, FOKUS adalah suatu keharusan.
Sebagai karyawan, jika anda fokus menjalankan tugas pekerjaan, rata-rata hasil yang dicapai biasanya akan memuaskan. Anda dan atasan anda akan sama-sama merasa senang dan puas atas hasil yang dicapai. Jika sudah demikian biasanya anda mempunyai peluang menduduki posisi penting atau jabatan strategis di perusahaan tempat anda bekerja.
Sama halnya jika anda seorang tenaga marketing. Berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap orang-orang yang bekerja di bidang marketing, mereka yang berhasil adalah mereka yang sangat fokus terhadap pekerjaannya. Memang tidak dipungkiri ada juga orang yang sukses dengan banyak project, tetapi mereka fokus pada setiap project-nya . Jika diamati biasanya project mereka pun saling melengkapi.
Sebagai pebisnis juga demikian, begitu anda punya banyak mau dan dikelola sendiri maka anda akan mulai tidak fokus. Konsentrasi pikiran dan aktivitas anda akan terpecah-pecah. Tujuan utama anda mulai buyar sedikit demi sedikit jika tidak segera dibenahi fokus utama anda. Walau ada juga orang yang banyak bisnisnya toh bisa sukses. Tapi ingat, mereka biasanya punya orang-orang yang spesialis fokus dan handal pada bidangnya.
Saya punya pengalaman pribadi yang kurang enak karena tidak fokus dalam bekerja dan berbisnis. Lebih baik anda fokus pada 1 bidang pekerjaan dan benar-benar ditekuni, hasilnya akan lebih baik daripada menekuni 2-3 pekerjaan bahkan lebih. Apalagi jika bisnis atau pekerjaan itu tidak saling mendukung satu sama lain.
Pada saat anda meremehkan unsur fokus, atau perhatian anda mulai terbagi pada hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan anda, konsentrasi anda terpecah. Hal ini dapat mengakibatkan tidak maksimalnya hasil yang akan dicapai.

2. Fokus dalam mengurus keluarga, misal mendidik anak.

Sebagai contoh, Hee Ah Lee, gadis Korea yang menderita Lobster Claw Syndrome (capit kepiting). Dia hanya memiliki 4 jari, masing-masing 2 buah di tangan kiri dan kanan. Namun berkat fokus orang tuanya dalam mendidik dengan ketulusan dan kasih sayang, Hee Ah Lee menjadi seorang pianis (pemain piano) terkenal. Kalaupun tidak sesukses Hee Ah Lee paling tidak prosesnya sudah kita jalani dengan benar karena faktor penentu utama adalah tetap Sang Maha Penguasa alam semesta.
Jika anda tidak fokus ikhlas mencurahkan kasih sayang anda dalam mengurus keluarga dan mendidik anak, anda akan merasa lelah dan kecewa.

3. Fokus dalam beribadah.

Seringkali kita terlena dengan segala kenikmatan dan kenyamanan hidup yang kita rasakan. Semua itu datang darimana? Kita kadang lupa bahwa kenikmatan itu adalah karunia Allah, Tuhan yang Maha Penyayang. Setiap makhluk ciptaanNya telah ditetapkan rizkinya dan pasti ada rizkinya dengan kadar yang berbeda. Jika kita sudah mulai tidak fokus mengingat Allah, seringkali cobaan datang untuk mengingatkan kita agar kembali ke koridor yang telah ditetapkan. Kembali mengingatNya. Karena kita datang dari Dia dan akan kembali kepadaNya…

Saya berkata demikian bukan berarti saya sudah berhasil mempraktekkan semua fokus-fokus tersebut. Kita semua dalam proses belajar menuju keadaan yang lebih baik dan senantiaa mau memperbaiki diri.

Wallahua’lam bissawab.



14 komentar:

Aliaz mengatakan...

Untuk bisa fokus memang tidak mudah...padahal itu termasuk kunci sukses. Saya sendiri suka terpecah dan terbelah oleh beberapa keinginan yg akhirnya menghambat kesuksesan.
Salam kenal :)

Sumartono mengatakan...

Fokus sangat diperlukan dalam hidup ini. Karena mendisiplinkan diri untuk tetap fokus pada point-point di atas adalah bagian dari proses untuk menuju kesuksesan.

Sampai jumpa lagi rekan Mba Yanti, lama tidak blogwalking.

Joko Susilo mengatakan...

Anne Ahira pun sering berpesan: "Fokus Fokus Fokus Fokus dan Fokus".
Fokus itu seperti sinar matahari yang diarahkan dengan lup sampai bisa membakar kertas.
Salam ACTION Bu Yanti!

Yanti Suud mengatakan...

@Aliaz; salam kenal kembali. Yuk kita terus berlatih untuk FOKUS.

@Mas Mar; betul Mas, walau dalam pelaksanaannya banyak tantangan. Alhamdulillah saya bisa kembali fokus nge-blog.

@Pak Joko; itu yang saya tangkap dari teman-teman dan orang-orang yang sukses, mereka benar-benar FOKUS. Keep Action, Pak, Insya Allah...

Handoko Tantra mengatakan...

Stay focus and slowly but sure. Fokus adalah konsistensi dan konsentrasi kita pada hal yang dikerjakan serta harapan dari apa yang akan dihasilkan dari apa yang kita kerjakan....

Oya...mampir juga di blo saya bu...

Salam Spesial

www.katobengke.com mengatakan...

memang kita harus fokus dalam melakukan sesuatu entah itu pekerjaan, atau apa ajah....
sebab kalau tidak maka semua akan terbengkalai dan ....???
iyakan...

Anonim mengatakan...

fokus----fokus...itu penting......

Umar Puja Kesuma mengatakan...

Artikel yang sangat menarik, Bu.

Artikel ini menambah motivasi saya untuk selalu fokus. Saya tidak tahu apa yang saja jalani sekarang sebagai pendidik dan pebisnis ini bertentangan dengan prinsip fokus atau tidak. Yang jelas saya ingin dua-duanya berjalan dan sukses sebagaimana yang saya kehendaki.

Salam Istimewa!

wahyu mengatakan...

Mantap bu... Memang benar fokus akan menuju keseriusan dalam segala hal. dan akan memberikan hasil yang memuaskan pada akhir pencapaiannya. Terus berusaha dan tetap semangat...

Al-Husna Salon Muslimah mengatakan...

subhanalloh...artikelnya bagus-bagus dan sangat bermanfaat.
terus berkarya, bunda!

Yanti Suud mengatakan...

@Handoko; setuju Mas, plus doa agar dapat ridho dan berkah dari Allah.

@Katobengke; Yups, tetap fokus walau kadang fokus kita berpindah-pindah. Sebentar fokus bisnis/pekerjaan, lalu pindah fokus keluarga, terus pindah lagi fokus ibadah, begitulah...

@PerjalananMatahari; Yes, penting fokus.

@Umar Puja Kesuma; jalankan keduanya dengan fokus Mas Guru...

@Wahyu; Yuk tetap semangat untuk fokus.

@Al-Husna Salon Muslimah; terimakasih atas supportnya, semoga manfaat. Hanya tulisan sederhana yang bisa saya tuangkan.

www.katobengke.com mengatakan...

berarti intinya tu fokus....fokus dan fokus yah....

Mbak Does mengatakan...

Assalamu'alaikum Mbak Yanti...Terima kasih telah mampir di blog saya dan memberikan komentar yang sangat menggugah saya. Betul banget tentang fokus...Termasuk saya, terutama dalam berbisnis ini kurang fokus, jadi blog nya masih jauh dari sempurna..Harus banyak belajar...

pulsa elektrik mengatakan...

bagaimana agar kita bisa memfokuskan diri pada satu pekerjaan tertentu ya?